fbpx

8 Jajanan Tradisional Manado Khas Minahasa Yang Enak!

Setiap daerah memiliki kue atau jajanan tradisional dengan ciri khas masing-masing, bahkan ada yang mirip tetapi dengan penamaan yang berbeda disetiap daerahnya. Nah di Manado juga memiliki jajanan tradisional yang khas dan gak kalah enaknya.

Dan Jajanan Tradisional ini cocok sekali untuk teman minum teh atau kopi baik di pagi hari maupun di sore hari.

1. Lalampa

Jajanan ini mirip lemper, namun berisi ikan cakalang yang sudah dibumbui dan sedikit ada rasa pedasnya. Serta proses memasaknya yang dibakar lebih menambah cita rasa lalampa.

https://bit.ly/3rIFWpn

Salah satu jenis jajanan tradisional Manado yang cukup familier. Bentuknya seperti pastel tetapi berbahan Roti dengan renda dipinggirnya. Umumnya Panada berisi ikan cakalang yang dibumbui pedas, tetapi ada juga Panada yang berisi sayuran kentang wortel dan bihun.

https://bit.ly/3LYXVB9
https://bit.ly/3LYXVB9

3. Lampu-lampu

Kue ini berbahan dasar tepung beras dan santan. Biasanya dicetak menggunakan daun pandan. Isiannya gula merah dengan tekstur yang kenyal tetapi enak di lidah. Aromanya enak terutama ketika baru selesai dikukus. Biasanya masyarakat Manado cara makannya disimpan dulu di kulkas sebelum disantap agar cita rasanya lebih lezat.

https://bit.ly/3SC1SOz
https://bit.ly/3SC1SOz

4. Apang Apang

Jajanan yang terbuat dari santan kelapa dan gula merah. Ada 2 apang yaitu apang biasa dan apang bakar. Ada Apang bakar gula merah karena ada gula merah didalamnya dan apang biasa berisi kenari, cokelat, nanas, dll.

https://bit.ly/3CmZPar
https://bit.ly/3CmZPar

5. Balapis

Biasa juga disebut kue lapis. Ada 3 varian Balapis yaitu pandan cokelat (hijau cokelat), cokelat santan (cokelat putih), dan pandan santan (hijau putih). Teksturnya kenyal dan lembut dilengkapi dengan taburan kenari.

https://bit.ly/3rnfIIP
https://bit.ly/3rnfIIP

6. Brudel Brudel

Kue ini mirip bolu, tetapi berwarna kuning kecoklatan dan ditaburi dengan keju di atasnya dan taburan kismis sehingga menambah cita rasa yang gurih dan lezat dengan teksturnya yang lembut.

https://bit.ly/3yaNuEZ
https://bit.ly/3yaNuEZ

7. Koyabu Koyabu

Termasuk salah satu jajanan tradisional khas Manado. Terbuat dari ketan putih yang dicampur dengan parutan kelapa. Koyabu biasanya dibungkus menggunakan daun pandan dan dibentuk seperti segitiga.

https://bit.ly/3fym710
https://bit.ly/3fym710

8. Biapong

https://bit.ly/3UXAKva

Kalo pertama kali liat mirip bakpau. Biapong merupakan roti lembut yang terdapat isian di dalamnya. Umumnya Biapong memiliki 3 isian yaitu ba’ (daging babi), temo (kacang hijau), dan kacang. Dari ketiga isian tersebut, yang paling banyak diminati adalah Biapong ba’.