fbpx

Resep Nasi Jaha Masakan Tradisional Khas Manado

Nasi Jaha atau Nasi Jahe merupakan hidangan khas dari Manado. Bentuknya seperti lontong namun memiliki rasa dan cara pengolahan yang berbeda. Jika lontong menggunakan beras dan air, sedangkan nasi jaha menggunakan beras ketan, santan, serta bumbu rempah-rempah yang lainnya. Dari segi rasapun berbeda dimana lontong cenderung terasa lebih hambar sedangkan nasi jaha memiliki rasa yang lezat nan gurih walaupun dimakan tanpa lauk.

https://bit.ly/3vSIJyQ

Makanan ini biasa dihidangkan untuk acara-acara khusus, seperti Hari Pengucapan Syukur (Thanksgiving Day) yang biasanya diadakan 1 tahun sekali. Cara menghidangkannya dipotong dengan ukuran 8-10cm.

Bumbu Halus Nasi Jaha Khas Manado:

  • 1 Kg beras ketan
  • 350 ml santan

Bumbu Halus Nasi Jaha Khas Manado:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 ruas jahe

Bumbu Pelengkap Nasi Jaha Khas Manado:

  • 8 lembar daun jeruk purut
  • 4 batang serai, geprek
  • Garam dan gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Jaha Khas Manado:

  1. Cuci bersih beras ketan, lalu rendam semalaman (tujuannya agark beras lebih lunak dan cepat matang).
  2. Kukus beras ketan sampai setengah matang saja. Angkat dan sisihkan.
  3. Blender Bumbu Halus. Siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis Bumbu Halus bersama sereh dan daun jeruk. Tumis hingga harum dan warna sedikit berubah.
  4. Tambahkan garam dan gula secukupnya, setelah itu masukkan santan, aduk terus hingga mendidih.
  5. Setelah santan mendidih, masukkan beras ketan yang tadi sudah dikukus, aduk rata dan biarkan santan meresap ke dalam beras ketannya.
  6. Siapkan bambu yang sudah dipotong per ruas. Bungkus beras ketan ke dalam daun pisang lalu rekatkan dengan lidi. Selanjutnya masukan ke dalam bambu, lalu bakar dengan asap api selama kurang lebih 2-3 jam sampai matang.
  7. Jika sudah matang, keluarkan dari Bambu dan Nasi Jaha siap dihidangkan.

Untuk penyajiannya bisa memotong nasi jaha menjadi beberapa bagian seperti lontong. Lalu sajikan bersama lauk berupa olahan daging, tetapi bisa juga dimakan langsung tanpa lauk karena rasanya sudah enak, gurih dan aromanya harum.