fbpx

4 Sambal Khas Manado Yang Enak dan Bikin Nagih

Seperti Bali yang terkenal dengan Sambal Matah, Manado juga sangat terkenal dengan banyaknya variasi sambal yang enak dan memiliki cita rasa yang sangat khas yang bikin kamu slalu kangen untuk menyantapnya lagi loh.

Berikut 4 sambal khas Manado yang paling enak dan terkenal legendaris.

1. Sambal Dabu Dabu

Berbeda dengan sambal pada umumnya, sambal ini terbuat dari bahan mentah yang segar tidak digoreng dan tidak diulek/ditumbuk.
Dabu-dabu merupakan bahasa Manado yang berarti sambal.
Ada beberapa macam jenis dabu-dabu: dabu-dabu lilang, dabu-dabu roa, dabu-dabu bakasang, dan dabu-dabu kuning.
Yang paling terkenal adalah Dabu-dabu lilang yang artinya sambal yang dipotong-potong.
Sambal dabu-dabu disajikan untuk pelengkap makanan yang digoreng, biasanya dicampurkan secara langsung di atas sajian menu seperti ikan, ayam, atau daging sapi.

https://bit.ly/3a4Ix7w

2. Sambal Rica

Satu lagi yang Sambal Khas Manado adalah Sambal Rica atau Sambal Rica-Rica. Rica artinya cabai. Sambal ini juga sangat legendaris.
Rasa sambal rica tergolong pedas. Biasanya disajikan dengan berbagai olahan daging dan ikan, baik tawar maupun laut. Yang paling terkenal adalah masakan ayam rica-rica.
Sambal Rica selain pedas juga memadukan daun jeruk, air jeruk nipis, dan daun serai yang digoreng bawang, tomat dan jahe.

3. Sambal Roa

Sambal ini berbahan dasar Ikan Roa Asap yang dihancurkan hingga halus kemudian dimasak bersama bumbu dan minyak.
Sambal Roa ini bisa bertahan hingga enam bulan jika berada dalam suhu ruangan dan bisa mencapai satu tahun jika disimpan di dalam kulkas.
Sambal Roa biasanya dinikmati dengan bubur Manado.

4. Sambal Bakasang

Sambal yang satu ini unik karena terbuat dari bahan dasar isi perut ikan yang di fermentasi (jadi setelah dibersihkan kemudian dihaluskan, ditaburi garam, lalu dijemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih 1 minggu).
Sambal Bakasang dihidangkan sebagai sambal yang melengkapi nasi dan ikan. Bisa juga dijadikan cocolan saat makan buah-buahan, jadi seperti bumbu rujak.