fbpx

History Sate Babi Papua

Selalu ada yang memulai dan cerita itu terus berlanjut. Cerita history sate babi papua bermula dari daratan Tiongkok kemudian berlanjut ke Fakfak, Papua Barat dan akhirnya hadir di Surabaya. Cerita yang panjang dan menarik dan history itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Mau Tahu Sejarahnya?

Cerita itu bermula ditahun awal tahun 1915 ketika Oma dan Opa tiba di Fakfak, Papua Barat. Mereka adalah Orang-Orang Perahu (Boat People) yang harus atau terpaksa keluar dari Tiongkok untuk kehidupan yang lebih baik.

Cerita ini terus berlanjut dan Oma dengan happy heart menularkan resep Sate Babi kesemua anak gadisnya dan kemudian menurun kesemua cucu-cucu perempuannya hingga sekarang. Luar biasa, bukan?

Nah, kalau dihitung turunan resep ini sudah masuk generasi ketiga dan berusia lebih dari 100 tahun. Sejujurnya, ada rasa bangga sekaligus emosional kalau mengingat bagaimana resep ini tetap terjaga secara alami lewat praktek langsung yang terus menerus.

Dan saat ini para cucu-cucunyalah yang meneruskan agar resep sate babi ini selalu terjaga keasliannya karena itu merupakan cara bijak menghadirkan Oma dalam cita rasa kuliner yang dia selalu banggakan, yaitu sate babi papua.

Map Of Fakfak