fbpx

5 Cerita Menarik Yang Bikin Kamu Kangen Dengan Kota Manado

Mendengar nama MANADO pasti terlintas banyak kesan wisata laut, mulai dari snorkeling dan diving, baik di pantai bunaken atau sangihe talaud. Sisi lainnya yang tak kalah menarik (dan tentu nikmat) adakah wisata kuliner karena kuliner khas Manado terkenal sangat beraroma rempah dan rasa yang juga khas pedas.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Kota MANADO.

https://bit.ly/3tawlZr

1. Asal Mula Nama Manado

Kota Manado diperkirakan telah dikenal sejak abad ke-16. Kata ini berasal dari bahasa daerah Minahasa, yaitu Mana rou atau Mana dou yang dalam bahasa Indonesia berarti “di jauh”.

2. Hari Jadi Kota Manado

Tanggal 14 Juli 1623, merupakan terjemahan dari tiga peristiwa bersejarah sekaligus.

  • Tanggal 14, diambil dari peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946, menentang penjajahan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  • Bulan Juli, diambil dari unsur yuridis, yaitu Juli 1919, penetapan Gewest Manado sebagai Staatgemeente dikeluarkan.
  • Tahun 1623, diambil dari unsur historis dimana Kota Manado dikenal.

3. Muara Dari Banyak Sungai Besar

Kota Manado berada pada muara-muara sungai besar. Ada tujuh sungai di Sulawesi Utara yang bermuara di Manado, yaitu Sungai Tondano, Sungai Sario, Sungai Bailang, Sungai Kolongan, Sungai Malalayang, Sungai Maasing, dan Sungai Kima.

4. Kota Sejuta Gereja

Mayoritas penduduk Kota Manado memang beragama Kristen dan Katolik (sama halnya dengan di Pulau Jawa yang mayoritas penduduknya beragama muslim). Di Kota Manado banyak dijumpai gereja yang tersebar merata di seluruh penjuru kota. Manado pun dijuluki sebagai Kota Sejuta Gereja.

5. Kuliner Khas Manado

Kulinernya sangat khas dengan aroma rempah yang fresh dan ciri khas pedas yang sungguh menggugah selera makan, seperti Rica Kemangi, Woku, Sate Babi, Babi Putar, Sambal Dabu dabu yang terkenal.

https://bit.ly/33V1Ihn