fbpx

7 Makanan Khas Manado Yang Terkenal Enak dan Populer

Manado merupakan salah satu kota terbesar di Sulawesi. Manado juga memiliki ragam kuliner khas yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa makanan tradisional khas Manado bahkan telah dikenal secara luas di berbagai wilayah Indonesia lainnya.

Berikut pilihan kuliner Manado yang wajib dicoba:

1. Sambal Dabu Dabu & Sambal Roa

Dabu-dabu merupakan salah satu Sambal khas Manado paling popular. Dabu-dabu sendiri merupakan olahan sambal yang terdiri dari potongan cabai, tomat segar, bawang merah dan berbagai bahan lainnya yang segar untuk menciptakan rasa pedas yang sangat menyegarkan.

Tak kalah terkenalnya ada pula Sambal Roa yang terbuat dari Ikan roa yang diasapkan dicampur dengan cabe rawit dan berbagai rempah lain yang membuat sambal ini menjadi sangat gurih.

https://bit.ly/3a4Ix7w

2. Tinutuan

Tinutuan adalah olahan sayur-sayuran yang dimasak bersama bubur dan juga buah labu kuning. Biasa disebut “Bubur Manado” dan sangat umum disajikan sebagai menu sarapan baik oleh masyarakat ataupun di restaurant-restaurant dan hotel.

Masakan ini mirip dengan Opor Ayam, bumbunya pun tidak berbeda jauh
Diolah dari daging ayam bersama kuah santan kekuningan yang dibumbui berbagai rempah-rempah yang menciptakan cita rasa gurih yang lezat.

4. Papare

Papare merupakan kuliner berbahan dasar Ikan Tongkol. Keunikannya adalah penyajiannya yang dibungkus kedalam buah pare dan kemudian digoreng. Rasa pahit dari Pare tertutup dengan bumbu rempah dari ikan tongkolnya.

https://bit.ly/3HYt3Ph

Klappertart merupakan hidangan pencuci mulut. Masakan ini mendapat pengaruh dari negeri Belanda, dan berbahan dasar kelapa muda yang diolah bersama susu, keju, kacang kenaro dan juga kismis. Tekstur yang lembut dan manis menjadikan hidangan ini istimewa.

6. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu adalah olahan ikang cakalang yang sangat populer. Diolah dengan cara diasapkan, ikan cakalang fufu memiliki rasa unik yang sangat lezat.

6. Gohu

Asinan buah khas Masyarakat Manado adalah Gohu.

Gohu biasanya menggunakan buah pepaya, tapi terkadang ada juga yang dilengkapi dengan timun atau buah nanas, yang kemudian direndam dalam campuran air, cuka, lemon, cabai rawit, jahe, gula merah, dan garam. Disajikan dalam keadaan dingin, agar makin terasa kesegarannya.