fbpx

5 Fakta Unik Tentang Sate Babi Ragey Khas Manado Minahasa

Tepat jika dikatakan legendaris, karena Rumah Makan ini sudah ada lebih dari 30 tahun, pelanggannya pun beragam dari turis lokal sampe turis dari daratan China, tapi kalian pasti belum tau beberapa fakta uniknya, dan ini dia. Dibaca yuk!

RAGEY -npsukorejo.blogspot.com

1. Ragey

Ragey artinya daging babi bakar. Bedanya dengan sate, ragey bukan hanya daging yang dibakar tetapi juga bagian lemak dan kulit dengan campuran jeruk dan garam, kemudian ditusuk seperti sate dan dibakar menggunakan bara api.

2. Daging Ukuran Jumbo

Ciri khas lain dari Ragey adalah potongan dagingnya yang jumbo alias besar, rasanyapun enak padahal hanya dimakan dengan sambal tomat (sambal dabu dabu).

3. Tukang Potong Daging

Bapak Adri Lomboan adalah pemilik Rumah Makan Ragey Kawangkoan, mulainya beliau hanyalah seorang tukang potong daging babi, dan di tahun 1987 bersama istrinya memulai usaha Rumah Makan ini dan menjual sate babi bakar (ragey). Beliau juga memiliki lisensi dari Kemenhumkam untuk nama RAGEY di tahun 1998.

4. Supir Bis

Pelanggannya bermula dari Supir-supir Bis trayek Kawangkoan-Manado, tetapi karena kelezatan masakannya akhirnya “dari mulut ke mulut” mulailah pelanggannya berdatangan dari mana saja bahkan dari luar kota.

5. Patung Tangan Memegang Sate

Patung batu ini menjadi ciri khas dari Rumah Makan Ragey milik Pak Adri Lomboan ini, karena penjual ragey di manado banyak sekali, agar lebih mudah dikenali tempatnya, dibuatlah patung batu tersebut.

3 Keistimewaan Sate Babi Ragey Yang Belum Kamu Ketahui

Sate Babi Ragey, keajaiban rasa yang memadukan daging babi lembut, bumbu rempah meresap, dan aroma asap khas, mengajak lidah Anda berpetualang ke jantung daerah Minahasa yang cantik, dan ini 3 fakta unik yang perlu kamu tahu.

1. Ragey Itu Daging Apa?

Ragey adalah salah satu jenis makanan tradisional yang ada di Minahasa khususnya yang dikembangkan oleh sebagian besar etnis Tontemboan yang tidak berpantang . Makanan tradisional ini terbuat dari Daging Babi.

2. Apa Sate Ragey Itu Dari Manado Minahasa?

Ragey adalah salah satu jenis makanan tradisional yang ada di Minahasa khususnya yang dikembangkan oleh sebagian besar etnis Tontemboan yang tidak berpantang . Makanan tradisional ini terbuat dari daging babi. Sebutan Ragey untuk jenis makanan ini terkait cara membuatnya yang dibakar atau dipanggang di atas bara api.

3. Ragey Artinya Tolong Dibakar

Minahasa, adalah satu daerah yang memiliki beragam jenis kuliner bercita rasa khas. Satu jenis di antara banyak kuliner Minahasa yang memperkaya selera adalah ragey. Ragey adalah salah satu varian sate, yang diolah dari daging babi. Ragey merupakan sebuah tradisi dan warisan budaya leluhur. Ragey merupakan kependekan dari kata rageyen (bahasa Tountemboan-Minahasa), yang artinya tolong dibakar.