fbpx

Resep Sup Brenebon Iga Sapi Khas Manado Yang Endes Banget

Cuaca yang mulai mengalami perubahan yang drastis, membuat kita harus ekstra dalam menjaga kondisi kesehatan. Karena itu kita wajib mengatur asupan gizi dalam makanan yang kita makan.

Makanan hangat seperti Sup Brenebon Khas Manado bisa menjadi salah satu alternatifnya karena banyak nutrisi sehat sehat seperti sayuran dan daging didalamnya. Salah satu menu yang bagus adalah menu yang menggunakan kacang merah karena mengandung banyak nutrisi, diantaranya protein, zinc, kalsium, kalium, magnesium, mengandung karbohidrat juga, baik untuk ibu hamil dan penderita diabetes.

Nah mari kita coba memasak Sop Brenebon Iga Sapi. Yuk siapkan bahan-bahan yang simple ini:

https://bit.ly/3OMQ5ub

Bahan Utama Sup Brenebon Iga Sapi Khas Manado:

500 Gram Iga Sapi
250 Gram Kacang merah
2 buah Wortel (potong sesuai selera)

Bumbu Pelengkap Sup Brenebon Iga Sapi Khas Manado:

10 butir bawang merah, iris
3 butir cengkeh
2 batang daun bawang (potong 1 cm)
2 batang seledri
1 butir tomat (jika suka)
1 cm jahe, geprek
1 batang kayu manis (ukuran sedang)
1 butir biji pala (di parut)
1 liter air
Garam, gula, lada & penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Sup Brenebon Iga Sapi Khas Manado:

  1. Cuci bersih kacang merah, kemudian rendam minimal 3-4 jam (nanti kacang merah akan membesar, sehingga lebih cepat empuk).
  2. Cuci bersih iga sapi, kemudian potong sesuai selera.
  3. Rebus iga sapi, buang busa-busa yang ada diatasnya, kemudian masukkan kacang merah, kayu manis, cengkeh, biji pala, jahe, biarkan mendidih dan iga menjadi empuk.
  4. Sambil menunggu, siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bawang merah. Tumis hingga harum kemudian masukkan tumisan ke panci yang sudah berisi daging dan kacang merah tadi. Masukkan juga wortel dan potongan tomat.
  5. Bila iga sapi, kacang merah dan wortel sudah empuk, tambahkan bumbu-bumbu lada, garam, gula dan koreksi rasanya, tambahkan juga seledri dan irisan daun bawang.
  6. Sup Brenebon Iga Sapi siap disajikan.