fbpx

7 Oleh-Oleh Wajib Khas Manado Yang Kekinian

Manado terkenal dengan Surga Kuliner, banyak sekali makan yang wajib di coba mulai dari lauk pauk hingga jajanan tradisional. Salah satu kebiasaan kita jika bepergian keluar kota pasti akan membawa oleh-oleh untuk sanak saudara, teman atau keluarga di kota asal. Bener kan?

Nah berikut rekomendasi 7 oleh-oleh makanan khas Manado:

1. Klappertaart

Camilan yang berbahan dasar kelapa, ditambah dengan tepung, susu, mentega, dan telur. Teksturnya lembut dan manis dengan taburan kismis dan kacang almond di bagian atasnya.

https://bit.ly/3SgTLHE

2. Dodol Amurang

Dodol amurang memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa enak di mulut. Terbuat dari gula aren, beras, minyak kelapa murni, kacang, dan kayu manis.

https://bit.ly/3Ji6GEP

3. Kacang Goyang

Terbuat dari bahan dasar kacang tanah. Disebut sebagai kacang goyang karena proses pembuatannya mengharuskan kacang dicampur dengan cara digoyang-goyang. Kacang ini memiliki tekstur dan rasa yang enak karena dibalut dengan tepung terigu dan gula.

https://bit.ly/3PNUqyy

4. Pala Manis

Bagi warga Manado, pala manis sering dijadikan sebagai camilan saat berkumpul dengan keluarga atau kerabat. Pala manis Khas Manado berbeda dari manisan pala kota lain karena buah pala diolah bersama dengan cairan gula sebagai pemanis. Pala manis biasanya sudah dibungkus dalam sebuah plastik bungkusan berbentuk persegi.

https://bit.ly/3Q7FaMM

5. Halua Kenari

Camilan berbentuk seperti gula-gula kacang yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Terbuat dari kacang kenari yang dicampur dengan gula merah.

https://bit.ly/3vs8WUj

6. Sambal Roa

Oleh-oleh yang tidak boleh terlewatkan, karena sangat identik dengan kota Manado dan sudah banyak dikenal orang. Sambal Roa berbahan dasar ikan roa yang sudah diasapkan kemudian dijadikan sambal. Sangat cocok untuk oleh-oleh karena awet dan tahan lama.

https://bit.ly/3zniwca

7. Cakalang Fufu

Salah satu makanan yang juga sering dijadikan oleh-oleh. Umumnya yang banyak dibeli Abon Cakalang. Cakalang fufu merupakan ikan cakalang yang telah dibumbui lalu diasap, kemudian dijepit menggunakan kerangka dari bambu.

https://bit.ly/3Q2t0EI