fbpx

Fakta Unik Sup Brenebon Manado, Sup Warisan Belanda!

Sup Brenebon adalah masakan peninggalan kolonial Belanda yang banyak dijumpai di Indonesia Timur, khususnya didaerah Minahasa Sulawesi Utara, bahkan sup sedap penuh citarasa rempah ini sangat identik dengan Kuliner Khas Manado dan Sup Brenebon sering juga disebut Sup Kacang Merah ala Manado. Hidangan ini memang terbuat dari Kacang merah dan sayuran plus daging ayam, sapi atau babi yang disajikan dalam kuah kaldu daging dengan campuran bumbu sup pada umumnya seperti bawang, merica dan bumbu lainnya.

https://bit.ly/3AMA7tF

Berikut beberapa fakta menarik tentang Sup Brenebon Khas Manado:

  1. Diadopsi dari masakan Belanda “Bruine Bonen”, Bruine artinya warna Coklat dan Bonen artinya Kacang. Bruine Bonen = Kacang Merah.
  2. Makanan ini berbahan dasar Kacang merah.
  3. Umumnya daging yang digunakan adalah Babi, Ayam atau Sapi. 
  4. Trik memasak Sup Kacang merah, kacang merahnya harus direndam dulu semalaman agar empuk, serta daging juga harus direbus dulu hingga empuk, baru diolah dengan bumbu lainnya.

Memasak Sup Brenebon tidaklah sulit tetapi harus mengetahui triknya agar pada waktu disajikan menjadi lezat. Salah satunya cara memasak kacang dan dagingnya. Untuk Kacang harus di rendam dulu semalaman agar empuk, kemudian Daging harus direbus hingga empuk. Selanjutnya masukkan bawang merah, bawang putih yang sudah diiris, garam serta merica, kemudian masukkan pula pala bubuk dan cengkeh. Baru kemudian masukkan sayuran seperti buncis, daun bawang dan seledri hingga layu saja. Sup siap disajikan hangat dengan nasi putih dan taburan bawang goreng.